Sabtu, 21 April 2012

SILABUS BAHASA INDONESIA

Hj. Isna Sulastri, Dra. M. Pd.
FKIP Uninus
 
1. PENGANTAR

Bahasa Indonesia merupakan mata kuliah wajib yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa tahun pertama di semua perguruan tinggi. Di FKIP Uninus Bahasa Indonesia dimasukkan ke dalam kelompok Mata kuliah Perilaku Berkarya (MPB) dengan bobot dua SKS (Pedoman & Panduan Akademik FKIP, 2010:52). Ini sejalan dengan ketentuan isi Surat Keputusan Mendiknas nomor 232/U/2000 dan Surat Keputusan nomor 045/U/2002

2. TUJUAN KURIKULER
Setelah mengikuti perkuliahan Bahasa Indonesia diharapkan mahasiswa memiliki “kesadaran berbahasa”. Jika ini sudah dimiliki, diharapkan akan tumbuh “sikap positif terhadap bahasa Indonesia sehingga hati mereka terpanggil untuk selalu memelihara bahasa Indonesia sebagai bahasa nasionalnya. Jika sikap positif sudah dimiliki mahasiswa insya-Allah mereka akan berupaya  untuk meningkatkan kompetensi dan performansi dirinya di bidang ini.

3. KOMPETENSI DASAR

           Ada dua target utama yang diharapkan dapat dicapai mahasiswa setelah mengkuti perkuliahan Bahasa Indonesia. Kedua target ini adalah agar mahasiswa : (1)  memiliki kompetensi yang memadai tentang bahasa Indonesia dan (2) mampu mengimplementasikan kompetensi tersebut melalui performansinya dalam berbahasa Indonesia. Berbekal kompetensi dan performansi berbahasa ini, diharapkan mereka mampu menghadirkan dirinya sebagai pengguna bahasa Indonesia yang baik, benar dan bernalar terutama dalam forum-forum resmi.
          Berkaitan dengan kompetensi dasar butir satu, ada empat kompetensi yang diharapkan dapat dimiliki, yaitu agar mahasiswa mampu menjadi (1) penyimak, (2) pewicara, (3) pembaca, dan (4) penulis yang baik. Dengan kompetensi ini diharapkan mereka dapat pula menunjukkan performansi berbahasanya. Melalui aktivitas menyimak dan membaca, insya-Allah mahasiswa  dapat (1) memahami dan mengkritisi gagasan orang lain. Selanjutnya melalui aktivitas (2) mewicara dan menulis mereka berlatih mengungkapkan gagasannya kepada orang lain secara lisan dan tulisan. Melalui latihan ini diharapkan mereka akan berupaya mempergunakan bahasa Indonesia yang baik, benar dan bernalar  sesuai santun bahasa bangsa kita selaku “orang Timur”. 
Sangat disadari bahwa upaya menumbuhkembangkan keempat keterampilan  berbahasa tadi --menyimak, mewicara, membaca dan menulis-- masih perlu dilakukan oleh setiap mahasiswa.  Akan  tetapi, mengingat keterbatasan waktu maka perkuliahan Bahasa Indonesia pada semester ini akan lebih difokuskan pada pembinaan kompetensi dan performansi dalam aspek membaca dan menulis karya ilmiah, sementara aspek menyimak dan mewicara hanya akan diulas sepintas. Penetapan fokus kajian ini dipandang penting terutama untuk membantu mahasiswa dalam kegiatan penulisan skripsi kelak. 

4. PENILAIAN
Nilai akhir untuk mata kuliah ini akan diberikan setelah mahasiswa memenuhi semua  komponen penilaian berikut:
1)      tatap muka (minimal 75 % dari);
2)      mengerjakan tugas/latihan/kuis yang diberikan;
3)      mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS); dan
4)      mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS).

5. BUKU SUMBER

Semua buku yang memuat materi yang relevan dengan tuntutan silabus dapat dipakai sebagai sumber bahan. Semakin banyak dan semakin beragam buku sumber yang dipakai mahasiswa, tentu akan semakin luas pula wawasan mereka terkait materi yang dipelajari.

Selamat berburu sumber bahan, semoga bermanfaat.


BAS Bandung, April 2012  

3 komentar:

  1. Asswrwb., setelah saya membaca silabus Bahasa Indonesia dari Bunda, saya sangat setuju sekali, karena dengan keterbatasan waktu dan berdasarkan kebutuhan mahasiswa bahwa perkuliahan Bahasa Indonesia lebih difokuskan pada pembinaan kompetensi dan performansi dalam aspek membaca dan menulis karya tulis. Semoga saja kami dapat mengikutinya dengan baik dan mendapat hasil yang maksimal. Terima kasih. Wass.

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh. Salam hormat saya untuk ibu yang sangat saya kagumi karena semangat dan disiplinnya yang sangat tinggi. Semangat yang ibu tularkan baik lewat tulisan maupun nasihat atau wejangan ketika berada di kelas dalam jam perkuliahan, membuat asa sedikit demi sedikit bergerak menuju sebuah metamorfosa kepribadian. metamorfosa kepribadian yang saya maksudkan disini yaitu perubahan kepribadian saya yang cendrung malas untuk menulis kini alhamdulillah setelah mengikuti tulisan dan perkuliahan bersama ibu kini saya sedikit lebih baik dalam memiliki "gairah" menulis. Terimakasih Bu, semoga ibu dan keluarga sehat selalu. Amiin. :)

    BalasHapus
  3. Assalamu'alaykum .

    Hanya orang - orang pilihan yang mempunyai banyak ide dengan gaya bahasa Indonesia yang sudah berkompeten. Mereka adalah orang - orang yang begitu tinggi semangat juangnya untuk bisa mempelajari suatu hal yang belum mereka pahami. Inginkah kita seperti mereka ? mereka yang cermerlang dengan ide - idenya, mereka yang sudah berkompeten dengan bahasa nasionalnya ? mudah saja, dengan semangat dan kesungguhan yang kita punya, kita pun bisa menjadi orang - orang terpilih itu. Banyak membaca salah satunya. Ya ... karena dengan membaca kita bisa mendapatkan ilmu tertulis yang mudah terserap masuk kedalam otak, dengan penambahan kosakta yang banyak. Begitupun dengan kepandaian kita menjadi seorang pembaca, baik membaca buku atau kepandaian kita membaca keadaan sekitar, InsyaAllah kita bisa mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari - hari sebagai orang yang mudah memberi pendapat atau mudah untuk memahami orang lain. Terimakasih atas bimbingannya ibu, semoga kami bisa mengikuti pelajaran perkuliahan ibu dengan baik dan mudah pula untuk mengamalkannya. Aamiin .

    Wassalamu'alaykum

    BalasHapus